17 Agustus
DPRD

Kamis, 06 Juli 2023

author photo
Kendawangan.com - Pulau Cempedak masuk nominasi pemilihan 300 besar ADWI (Anugrah Desa Wisata Indonesia) berikut sekilas tentang Desa Wisata Cempedak Jaya ini. Desa Wisata Cempedak Jaya terdapat di Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat adalah desa wisata konservasi bahari berbasis kemasyarakatan.

Ayo Dukung Pulau Cempedak
Foto : Desa Wisata Cempedak Jaya, Instagram Dispora Kalbar, @disporaparkalbar

Setiap bulannya pada tahun 2022 pulau ini selalu disinggahi kapal layar dari berbagai negara untuk sekedar istirahat, menikmati kuliner khas pulau Cempedak, dan berbelanja memenuhi persediaan yang dibutuhkan.

Selain itu, kunjungan wisatawan nusantara banyak juga dari Kalimantan Tengah yang berkunjung menggunakan jalur laut untuk menikmati sajian kuliner dan petualangan konservasi di pulau yang kini juga menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Ketapang.

Desa wisata Cempedak Jaya menawarkan atraksi utamanya adalah petualangan 100-pantai. Sebuah program wisata konservasi dugong dan lamun, dimana wisatawan diajak untuk ikut serta melakukan patroli kawasan laut di sekitar pulau Cempedak dan Bawal yang diduga menjadi habitat dugong.

Atas usaha Pokdarwis Cempedak Jaya dalam upaya konservasi dugong dan lamun yang dikemas dalam program ekowisata bahari, kelompok ini mendapat penghargaan 1st runner up Local Hero di ajang International Ocean Award 2021 yang diselenggarakan oleh BOAT International dan Blue Marine Foundation di Inggris.

Pada tahun 2022, pulau Cempedak juga ditetapkan menjadi salah satu Kampung Bahari Nusantara oleh LANAL Ketapang dan merupakan salah satu titik persinggahan kapal layar internasional.

Dispora (Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata) Kalbar dalam akun instagramnya, @disporaparkalbar memposting banyak nominasi Desa Wisata salah satunya adalah Desa Wisata Cempedak Jaya.

Dalam pantauan Kendawangan.com Cempedak Jaya, meraih 49,8 K like di instagram tertinggal jauh dari dari Desa Wisata Cipta Karya dari Kabupaten Bengkayang, yang telah mendapat like 101 K like.

Untuk mendukung Desa Wisata Cempedak Jaya langsung saja menuju link instagram Dispora Kalbar ini https://www.instagram.com/p/CuRBV6gri10/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D ayo masyarakat Kendawangan dukung Desa Wisata Cempedak Jaya.
Iklan

# 0 comments


EmoticonEmoticon

Pilihan Pembaca Next Post
Banyak Dibaca Previous Post