17 Agustus
DPRD

Jumat, 21 Juli 2023

author photo
Kendawangan.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar telah melaksanakan sebanyak 15 event dalam rangkaian acara Kalbar Award 2023.

Dusun Cempedak Jadi Desa Jadi Desa Wisata Terpavorit
Foto : Setra Kusumardana (Yayasan Webe), Penerimaan Penghargaan Desa Wisata Cempedak Jaya, Oleh Perwakilan Mahasiswa Pokdarwis : Dede

"Tahun ini memang kita programkan kegiatan dalam suatu rangkaian. Kalau di pariwisata ada Anugerah Desa Wisata Tingkat Provinsi, kalau ekonomi ada Gebyar Ekonomi Kreatif, ada Putra-Putri Pariwisata, Pidato Bahasa Inggris, dan di pemuda ada festival drum band. Dalam kegiatan semua terlibat di dalamnya mulai dari penggiat pariwisata, ekonomi kreatif, olahraga dan pemuda." Kata Windy Prihastari

"Khusus Gerak Jalan Pemuda diikuti sebanyak 12 kelompok, sedangkan Drum Band sebanyak 21 grup. Kalbar Award 2023 ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dalam rangka selain sebagai ruang kreasi masyarakat juga sebagai ajang promosi baik itu Ekonomi Kreatif dan Pariwisata untuk meningkatkan wisatawan di Kalimantan Barat," lanjut Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari, dalam laporannya mengawali acara Penganugerahan Kalbar Award yang diselenggarakan di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, (20/07/2023).

Dalam event Anugerah Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, salah satu desa wisata dari Kabupaten Ketapang mendapatkan penghargaan di kategori Terbaik Digital dan Konten Kreatif Desa Wisata Maju, yaitu Desa Wisata Cempedak Jaya yang berada di Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan.

Dikesempatan ini desa wisata diwakili oleh Kabid Pariwisata Disparbud Kabupaten Ketapang, ibu Radianti, dan Pokdarwis Cempedak Jaya diwakili oleh Dede, mahasiswa Ilmu Kelautan FMIPA UNTAN yang baru saja menyelesaikan kegiatan magangnya di pulau Cempedak beberapa waktu lalu, untuk menerima plakat penghargaan di acara penganugerahan Kalbar Award 2023.

Penghargaan yang diterima Desa Wisata Cempedak Jaya ini bukanlah yang pertama kali, sebelumnya pada November tahun 2021, Pokdarwis Cempedak Jaya didaftarkan pada sebuah event international Ocean Award 2021 yang diselenggarakan oleh BOAT International, diadakan dalam kemitraan dengan Blue Marine Foundation, salah satu badan amal konservasi laut terkemuka Inggris dan mendapatkan penghargaan 1st Runner Up dalam kategori Local Heroes.

Lalu pada tahun 2022 - 2023, LANAL Ketapang juga mendorong pengembangan Desa Wisata Cempedak Jaya menjadi salah satu Kampung Bahari Nusantara dan mencatatkan dirinya dalam 300 besar desa wisata terbaik Indonesia dalam ajang (Anugerah Desa Wisata Indonesia) ADWI 2023.

Dihubungi Kendawangan.com dalam kesempatannya Serta Kusumardana, dari Yayasan WEBE yang menyertai Desa Cempedak Jaya di Pontianak mengatakan, dengan segala keterbatasannya, Desa Wisata Cempedak Jaya terus berkembang dan menorehkan prestasi di tingkat regional dan nasional serta telah mendapatkan yang pengakuan dunia internasional.

"Maka bisa dibayangkan bagaimana jika desa Kendawangan Kiri dengan desa wisatanya itu telah berbenah dan mendapatkan dukungan pengembangan fasilitas yang lebih baik, bukan tidak mungkin Kendawangan Kiri dapat menyusul prestasi Desa Cipta Karya (Bengkayang) dan Desa Jeruju Besar (Kubu Raya) yang telah berhasil menempati posisi 75 besar desa wisata terbaik Indonesia," kata Setra.

"Saat ini Desa Wisata Cempedak Jaya telah mendapat dukungan pembinaan dari Disporapar Kalbar, DKP Kalbar, LANAL Ketapang, Disparbud Ketapang, MASATA Ketapang - Kayong Utara, Yayasan Webe Konservasi Ketapang dan YIARI dalam berbagai program pengembangan potensi desa," lanjutnya.

Dusun Cempedak Jadi Desa Jadi Desa Wisata Terpavorit
Foto : Trofi Penghargaan Desa Wisata Cempedak Jaya

Setra mengatakan, berkembangnya desa wisata tentu saja tidak lepas dari peran aktif Pemerintah Desa Kendawangan Kiri dalam mendukung dari sisi kebijakan desa yang diperlukan.

"Yang perlu menjadi catatan adalah perlu mendorong peran BUMDES untuk ikut ambil bagian dalam pengembangan desa wisata sehingga hasil yang didapat dari berkembangnya sektor pariwisata dapat dirasakan lebih besar lagi bagi seluruh masyarakat desa Kendawangan Kiri dan kecamatan Kendawangan umumnya," ungkap Setra

"Semoga penghargaan yang telah diraih selama ini menjadi pemacu semangat serta pengingat untuk kita bersama dan khususnya masyarakat Kendawangan Kiri, bahwa kawasan Kendawangan memiliki sumber daya alam yang dapat menjadi potensi kepariwisataan yang sangat luar biasa dan jika dikelola dengan baik dapat membawa kesejahteraan yang berkelanjutan." Tutupnya. (Ary)
Iklan

# 0 comments


EmoticonEmoticon

Pilihan Pembaca Next Post
Banyak Dibaca Previous Post